Pemilihan Pengurus Koperasi Pertambangan KUD Perintis Digelar 3 Kali, Sarip Ripai dan Nasir Ditetapkan KSB

oleh -1.655 views
Pengurus Koperasi Pertambangan KUD Perintis Tanoyan periode 2021-2026, Sarip Alimudin Ketua, Ripai Manggo Sekertaris dan Nasir Ganggai Bendahara. Terpilih dan ditetapkan oleh anggota pada forum RAT tahun buku 2019 dan 2020.

Kroniktoday.com – Pengurus baru koperasi yang bergerak di bidang pertambangan emas, yakni KUD Perintis Tanoyan untuk periode 2021-2026, akhirnya terpilih dan ditetapkan pada forum Rapat anggota tahunan (RAT) yang dilaksanakan Sabtu (6/3/2021) bertempat Kantor KUD Perintis Desa Tanoyan Utara.

Untuk diketahui, RAT merupakan wadah atau forum pengambilan keputusan tertinggi dan resmi untuk organisasi berbentuk koperasi. Selain mempertanggungjawabkan laporan pengelolaan keuangan dan pelaksanaan program kerja koperasi, forum RAT dapat memutuskan untuk pemilihan kepengurusan koperasi.

Perserta RAT terdiri dari 23 anggota dan mereka sebagai pemilik suara penuh dalam menentukan  arah dan kebijakan koperasi 5 tahun kedepan. Sebelum masuk pada agenda pemilihan, sempat terjadi adu argumentasi dan interupsi.

Baca Juga  Ini Pidato Sekjen AMAN, 22 Tahun HKMAN

“Pelaksanan pemilihan dengan mekanisme menentukan formateur dan mide formateur atau melalui pemilihan langsung, adalah dua gagasan yang sama baik. Tinggal anggota menyepakati yang mana dilaksanakan,” kata Wiwin Setiwan Ansik.

Senada disampaikan Abdul Nasir Ganggai. Dirinya menjelaskan, jika mekanisme pemilihan dilakukan dengan menentukan formateur dan mide formateur, maka harus dipilih pimpinan sidang dalam pelaksanaan RAT.

“Pimpinan sidang yang akan memandu pelaksanaan RAT. Karena, nantinya akan ada surat ketetapan dalam pelaksanaan RAT yang dipimpinan oleh pimpinan sidang,” kata Nasir.